Tips & Triks Google

www.tips-fb.com Diposkan oleh Randi Rabu, 29 April 2009

Google Translate Indonesian

Sekarang Google translate sudah mendukung bahasa Indonesia. Setelah sekian lama dinanti akhirnya datang juga . Sama seperti transalation dalam bahasa-bahasa lainnya, google translate indonesia juga bisa digunakan untuk menerjemahakan satu kata, satu prase, atau satu paragrap sekaligus. Bahkan jika ingin menerjemahkan satu halaman web juga bisa, tinggal ketik alamat web yang ingin di terjemahkan tersebut. Google akan menampilkan versi terjemahan dari situs yang kita inginkan.

Hasilnya? Lumayan keren sih. Untuk terjemahan word dan phrase, pasti tidak diragukan lagi, hasilnya sangat memuaskan. tapi untuk terjemahan paragrap, yah…, lumayan understandable lah. Yang bermasalah adalah ketika menerjemahkan bahasa gaul atau tidak baku: google sama sekali tidak paham. Jadi jika ingin menerjemahkan web dengan banyak bahasa slang/prokem, fitur ini tidak bisa diandalkan.

Gambar ini adalah contoh blog Saya sendiri (coretanrandi.blogspot.com) dalam versi terjemahan dari bahasa indonesia ke inggris


Salah satu kerennya google search adalah fasilitas untuk mencari jenis file tertentu secara langsung. Jadi, ketimbang mengorek-orek suatu situs untuk mencari file berekstensi .doc, misalnya, lebih baik anda manfaatkan pencarian khusus google ini. Jika anda ingin mencari file microsoft word, ketika saja kata kunci dan ditambah keterangan jenis file pada bagian akhirnya.

Misalnya anda ingin mencari contoh abstrak skripsi tentang Optimalisasi Peran Guru yang formatnya sudah dalam file microsoft word atau dokumen rtf, ketikkan saja “abstrak skripsi optimalisasi peran guru filetype:doc or rtf”

demikian juga untuk file-file lainnya seperti:

  • Adobe Portable Document Format (pdf)
  • Adobe photoshop (psd)
  • Adobe Post Script (ps)
  • Microsoft Excel (xls)
  • Rich Text Format (rtf), Text (ans,txt)
  • File gambar (JPG, JPEG, BMP, dll)
  • Word 2007 (docx)
  • Excel 2007 (xlsx)
  • Power point 2007 (pptx)
  • Zip file (file kompresi) (zip, rar, tar, jar)
  • File aplikasi Handphone symbian (sys, tar, jar)
  • file musik dan video (mp3, mp4, m4a, ogg, flv, avi, dll)

Beberapa tips optimalisasi pencarian dengan Google:

  1. Gunakan banyak kata kunci. Masukkan lebih banyak kata kunci untuk mempersempit hasil pencarian.
  2. Gunakan tanda positif (+). Tanda ini digunakan untuk menambahkan kata-kata tertentu dalam pencarian agar lebih detail. Contoh : teknologi informasi+pendidikan
  3. Gunakan tanda negatif (-). Tanda ini digunakan untuk mengecualikan kata-kata tertentu dalam pencarian. Contoh : kita ingin mencari “kraton yang tidak ada kaitannya dengan Yogyakarta” maka keyword yang dipakai : kraton-Yogyakarta
  4. Gunakan tanda petik (quote). Tanda ini digunakan untuk kata kunci yang berurutan atau dalam bentuk frase, sehingga search engine hanya akan mengambil halaman yang berisi kata-kata dengan urutan yang sama seperti yang ada dalam tanda petik. Contoh kata kunci : informasi teknologi , hasil pencarian bisa saja teknologi dulu yang didapat, baru kemudian informasi. Namun bila kita mengetikkan : “informasi teknologi” maka kita akan mendapatkan artikel yang mengandung kata informasi teknologi secara berurutan.

Jika suatu ketika anda ingin mencari tahu siapakah orang yang pertama sekali menginjakkan kakinya di bulan, anda mungkin akan mengetik di google seperti ini : “siapa orang yang pertama sekali pergi ke bulan?”. Cara ini tidak salah, tapi kalah efektif jika anda melakukan trik berikut.

Agar hasil pencarian lebih tepat, ketik keyword anda seperti ini : “orang yang pertama kali ke bulan adalah *”

Ketimbang cara pertama di atas, cara kedua seperti ini akan langsung membawa anda pada jawaban pertanyaan yang anda cari. Iingat, jangan lupa menyisipkan tanda (*) atau disebut wildcard pada akhir keyword anda.

0 komentar
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p:

Poskan Komentar


http://coretanrandi.blogspot.com/