Mengecilkan gambar sekaligus dengan Photoshop

www.tips-fb.com Diposting oleh Randi Jumat, 11 September 2009

Terkadang bingung juga klo foto2 dari kamera kita ukurannya lumayan besar. Selain bikin ukuran hardisk membengkak kadang buat di upload kesitus social networking seperti facebook, friendster, atau ke images hosting seperti photobucket ataupun situs lain bakal memakan waktu cukup lama.. dan bisa2 yang ada malah upload-nya gagal T.T .

Nah klo fotonya cuma 1 atau 2 sich masih ga masalah, tinggal buka image editing seperti photoshop, ACDSee dan yang lainnya lalu tinggal di resize ^^. Tapi gimana klo image foto yang kebesaran itu ada puluhan hingga ratusan (aw..aw..aw...), bisa kriting klo satu2 di resize image nya.

Nah terus.. gimana dunk? masa di diemin aja? hohoho... bukan gitu..daripada capek2 cari software lagi buat di instal terus resize, lagian software yang terinstal sudah seabrek makin berat aja yang ada kompi nya hehe... nah manfaatin yang ada aja ^^. Contohnya bikin aja Photoshop Action buat resize image dan tinggal di jalanin aja pake automate batch. Gimana caranya???

buat caranya ikutin step by step di bawah ini yah.

pertama buka folder yang isinya file2 image foto yang mo di resize, lalu di dalam nya bikin folder baru.


Kemudian buka aplikasi Photoshop kamu dan buka 1 image foto yang ada dalam folder tersebut.

Lalu.. alihkan pandanganmu ke arah kanan atas monitor dan cari icon seperti gambar di bawah ini untuk membuat action baru:
Terdapat 2 cara. bisa melalui shortcut yang ada seperti gambar pertama atau klik tanda panah kecil yang ada di pojok kanan lalu klik "New Action...".


Silahkan beri nama dan tekan Record. Setelah itu pastikan bahwa di window Action posisi record dalam keadaan aktif (lingkaran berwarna merah) dan akan terlihat action baru yang barusan kita buat (biasa berada paling bawah).
Nah mulai dari sini,, semua proses yang kita lakukan bakal di rekam, seperti cropping,resize atau effect2 seperti blur dan sebagainya. Nah kita kan mau nya bikin Action untuk resize foto, jadi klik menu Image lalu pilih Image Size atau dengan menekan ALT+CTRL+I.
Lalu bakal muncul window seperti di bawah ini. Rubahlah format Width dan Height kedalam percent, lalu isi kan dengan nilai 50, yang artinya kita memperkecil ukuran image foto tersebut menjadi 50%. Lalu klik OK. Untuk ukuran tergantung kalian mau di set berapa, bisa 25%, 75% atau menggunakan mode pixel, tapi saya lebih menyarankan menggunakan mode persentase karena tidak setiap foto posisinya potrait semua atau landscape semua :) .
Setelah mengklik OK.tentunya bakal ada perubahan yang terjadi pada ukuran image foto yang kita buka tadi. menjadi lebih kecil bukan? ^^. Nah sekarang tinggal kita Save As aja ke folder baru yang kita buat tadi.Klik File lalu pilih Save As kemudian masuk ke folder baru yang pertama2 telah kita buat, lalu klik save.
Setelah itu,jangan lupa mengclose image yang telah kita save. Proses close image ini cukup penting karena agar ketika photosop action yang kita buat dijalankan tidak menimbulkan beban yang besar karena terus menerus menampung(membuka) image foto2 di window photoshop.
Setelah itu, baru kita stop proses record di window action dengan menekan tombol stop berbentuk kotak.
Nah Sudah selesai Photosop Action untuk meresize foto-nya. Tapi.. ini kan masih setengah manual (lho kok?), ia,,kan baru porses resize nya aja yang kita bikin otomatis, tetep aja mesti buka satu persatu foto nya. Nah biar otomatis, sekarang masuk ke menu File - lalu pilih Automate >> batch...
Kemudian browse folder di mana foto2 yang mau kita resize (perhatikan gambar di bawah ini).
Setelah kamu menekan tombol OK. maka proses resize foto akan secara otomatis berjalan.. jadi komputer kamu jadi seperti setan yang melakukan proses resize foto sendiri (hehehe....). Tinggal tunggu sampai proses nya selesai. Semakin banyak fotonya yah semakin lama nunggunya ^^ , tapi kan lebih gampang :)) daripada kita mesti klik satu persatu :) .

Setelah selesai coba lihat perbandingan nya di bawah ini ^^(klo kurang jelas, klik kanan terus pilih view image ^^).
Terlihat kan perbandingannya..dari file ukurang sekitar 4Mb menjadi kurang lebih 600an KB. dan dari resolusi 3000an x 2oooan sekarang menjadi 1000an x 1000an ^^.

2 komentar
  1. Anonim Said,

    mantap gan... keep post ya...

    :f :D :) ;;) :x :$ x( :?
    :@ :~ :| :)) :( :s :(( :o Posted on 23 Agustus 2011 06.01

     
  2. terima kasih banyak ya informasinya...
    sangat membantu banget hee..

    :f :D :) ;;) :x :$ x( :?
    :@ :~ :| :)) :( :s :(( :o Posted on 9 Maret 2013 05.41

     
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p:

Posting Komentar


http://coretanrandi.blogspot.com/